Selasa, 26 Agustus 2008

Berkenalan dengan Open Source

Secara bahasa opensource berarti kode terbuka, yang dapat diinterpretasikan sebagai program komputer yang sudah dibuat dapat diperoleh dalam bentuk aslinya oleh pihak lain seluas-luasnya selain dari pihak pembuat program komputer tersebut. Bahkan dapat dilakukan perubahan pada program sesuai dengan keperluan pemakai atau pengembangan selanjutnya. Konsep open source sangat berbeda dengan konsep closed source. Pada konsep closed source, program komputer hanya disebarluaskan dalam bentuk binary yang siap dijalankan, dan tentu saja kita tidak bisa melihat source codenya karena yang terlihat adalah bahasa mesin.
Konsep lain yang perlu diketahui adalah General Publik License (GPL), share ware, dan freeware. Dengan dilisensi GPL, berarti suatu perangkat lunak dapat digabungkan, dimodifikasi, didistribusikan oleh pihak lain, tanpa ada pembatasan dari si pembuatnya. Konsep tersebut harus dibedakan dari konsep gratis. Konsep shareware adalah bentuk jalan tengah. Dengan konsep tersebut si pembuat perangkat lunak memberikan versi demonya, untuk memaksimalkan penggunaan dan mendapatkan fitur lengkap, pemakai harus mengirim sejumlah uang ke si pembuat. Konsep terakhir ialah freeware. Pada konsep ini, pemakai dapat memanfaatkan suatu perangkat lunak secara bebas, download dari situs web, tanpa harus membayar sepeserpun kepada pembuat. Pada konsep tersebut tidak disinggung tentang ketersediaan source code-nya.

Istilah open source tidak semata-mata hanya berarti adanya keterbukaan untuk mengakses source code perangkat lunak, namun sebenarnya memiliki cakupan arti yang lebih luas dari itu. Misalnya, sebagaimana tertuang pada Open Source Definition, yaitu:
- free redistribution
- source code
- derived code
- integrity of the author's source code
- no discrimination against persons or group
- no discrimination against fields of endeavor
- distribution of license
- license must not be specific to a product
- license must not contaminate other software

Sebaliknya, lisensi software berisi hal-hal sebagai berikut:
- Kita membeli lisensi atas software, bukan membeli software itu sendiri
- Tidak boleh disalin/di-kopi
- Hanya untuk satu komputer saja
- Tidak berhak untuk mendapatkan kode program/source-code
- Jika kita melanggarnya, kita dapat dikenai denda atau dituntut di pengadilan.

Aplikasi Open source yang banyak digunakan : Linux, Free BSD, Apache Web Server, SQUID cache server, Iptables (firewall), dan TC / Traffic Controll

Tidak ada komentar: