Selasa, 26 Agustus 2008

Berkenalan dengan Linux

Apakah Linux itu?

Linux pada dasarnya merupakan suatu sistem operasi (OS). Sistem operasi yang biasa kita kenal dan mungkin sedang dipakai saat ini ialah MS Windows.
Linux merupakan bagian dari grakan revolusioner yang disebut gerakan open-source. Linux is a programmer's dream come true, it has the best compilers,
libraries, and tools in addition to its being open-source. A programmer's only limit then, is his knowledge, skill, time, and resolve.

Apakah distro itu?

Distro adalah kependekan dari distribution. Distro merupakan kreasi dari seseorang terhadap sistem operasi Linux. Hal ini disebabkan Linux yang bersifat open source, sehingga tiap developer dapat menulis sesuai krasi mereka. Kebanyakan para developer melepas kembali modifikasi mereka sebagai free dan open source. Jarang diantara mereka yang mencoba mendapatkan keuntungan dari produk mereka yang merupakan topik perdebatan moral dalam dunia Linux.

Linux hanya suatu kernel yang berfungsi mengatur komunikasi antara berbagai titik dari suatu sistem, seperti CPU, mouse, hard drive dll. Untuk menggunakan kernel, kita harus menemukan cara untuk berkomunikasi dengannya yaitu menggunakan shell. Shells memungkinkan kita memberikan perintah yang kita pahami, dan mengirim perintah tadi ke kernel. Shell yang paling banyak digunakan di Linux ialah BASH shell (Bourne Again Shell). Bagi kebanyakan user, hanya dengan shell di atas kernel kita dapat menggunakan linux, untuk itu kita harus mengambil suatu distro.

Distro apa yang paling bagus? Untuk menjawabnya, kita harus merinci kebutuhan kita dalam menggunakan Linux. Berapa biaya untuk memperoleh suatu distro? Jawabannya ialah komputer + aliran listrik + internet + CD burner and CDs = Linux.

Tidak ada komentar: